Isi buku ini lebih diterapkan dalam kaitan strategi pembelajaran dengan pendekatan komunikatif dan interaktif serta proefisiensi dalam pembelajaran. Pembahasan dimulai dari: strategi pembelajaran inkuir, pembelajaran kuantum, pembelajaran inovatif berbasis deep dialogue/critical thinking. Berikuntya juga pembelajaran masalah dan pembelajaran berbasis multikultural dan pembelajaran berbasis observasi gejala fisis. Di bab-bab selanjutnya juga dibahas pembelajaran model siklus belajar dan model-model pembelajaran serta pembelajaran berbasis proyek. Pada materi model-model pembelajaran di ulas satu persatu model pembelajarannya seperti Model Ctl,Cl, Rme, Dl,Pbl,Problem Solving,ProblemPosing,OE,Probing-Prompting,Cycle Learning, Savi, Reciprocal Learning, TGY, Vak, Tai, Stad,NHT,Jigsaw, TPS,GI,MEA,CPS,TTW,TS-TS,Core, Sq3r,Sq4r,Mid, Cri,Dlps,Dmr,Cirs,Ioc,Tari Bambu,Artikulas,Debate,Role Playing, Talking Stick, Snowball Throwing,Course Review Horay, Demonstration, Explicit Instruction, Scamble, Pair Checks, Make-A-Mactch,Mind Mapping,Hibrid,tregginger,kumon,quantum,generative,improve, take ndan give,superitem,time token,concept sentence,complete sentence, generative.
Kata kunci : Pendidikan, strategi dan model pembelajaran.